Teori
Organisasi Umum
NAMA : MUHAMMAD YUDA
MASHURI
NPM : 15111006
KELAS : 2 KA 35
MATERI : CIRI-CIRI ORGANISASI
Ciri-Ciri Organisasi
Didalam Organisasi mempunyai sifat
atau ciri ciri atas tujuan yang sedang di diskusikan dalam suatu organisasi,
menurut sebuah artikel yang sedang membahas mengenai ciri-ciri pada sebuah
organisasi menurut para ahli organisasi pada sebuah artikel di bawah ini akan
saya jelaskan menurut para ahli yang saya dapatkan dari berbagai sumber,
Ciri-Ciri Organisasi Sosial
Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai
berikut :
- Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
- Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
- Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
- Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.
Dan terdapat
bahwa ada yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain
yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
- Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
- Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya.
- Keanggotaan formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.
Ilmu
organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita
tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari
keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.
a. ciri-ciri
organisasi, yaitu :
1.
Adanya komponen ( atasan dan bawahan) .
2.
Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
3.
Adanya tujuan .
4.
Adanya sasaran .
5.
Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati .
6.
Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
b. Ciri-ciri
Organisasi Modern
1. Organisasi bertambah besar
2. Pengolahan data semakin cepat
3. Penggunaan staf lebih intensif
4. Kecendrungan spesialisasi
5. Adanya prinsip-prinsip atau
azas-azas organisasi
6. Unsur-unsur organisasi lebih
lengkap
Adapun ciri-ciri dari
organisasi adalah- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Menyangkut hal itu pengertian
organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam
kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi
adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah
setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah
struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok
orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama
mencapai tujuan tertentu.
Dari
kesimpulan yang dapat saya ambil dari ciri-ciri suatu organisasi seperti di
atas adalah bahwa sebuah organisasi itu memiliki nilai capai atau tujuan yang
telah di bangun sejak awal didirikannya sebuah organisasi itu sendiri dan
merupakan sebuah bentuk kerjasama yang menyertai anggota anggota dan ketua pada
organisasi tersebut, dan ciri-ciri diatas menunjukkan bahwa bentuk kerjasama di
suatu organisasi menurut ahli yang rata-rata mempunyai pendapat yang berbeda
namun inti nya tetep sama yaitu organisasi terbentuk karena sebuah tujuan yang
tujuan itu merupakan kepentingan bersama dalam anggota organisasi tersebut dan
membutuhkan waktu yang panjang untuk mencapai sebuah tujuan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar